Sidak Pasar, Disperta Banyuwangi Cek Kelayakan Konsumsi Daging, Ini Hasilnya

Kepala Disperta Banyuwangi cek kualitas daging
Sumber :
  • Fitri Anggiawati/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Dinas Pertanian dan Pangan (Disperta) Banyuwangi melakukan inspeksi mendadak (sidak) serentak ke seluruh pasar yang ada di Kabupaten Banyuwangi pada Kamis, 28 Maret 2024 pagi. 

Bupati Banyuwangi Gelar Sidak pada Hari Pertama Kerja, 2 Hal jadi Sorotan

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya penjaminan produk asal hewan khususnya daging sapi dan sapu jelang Hari Raya Idul Fitri. 

“Kita memastikan daging Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH),” kata Kepala Disperta Banyuwangi, Arief Setiawan pada Banyuwangi.viva.co.id.

ASDP Banyuwangi Mudahkan Pemotor Masuk Kapal, Ini Alasannya

Hasilnya, Disperta Banyuwangi tidak menemukan adanya indikasi daging sapi yang dioplos dengan daging hewan lain di Pasar Blambangan, Banyuwangi. 

Daging-daging yang diperiksa dan diperjualbelikan juga dipastikan layak konsumsi karena tak terdeteksi sebagai daging gelonggongan. 

Ritual Sakral Seblang Olehsari Dimulai, Jangan Sampai Terlewat

“Masih segar, karena saat digantung tidak ada air menetes,” terang Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Disperta Banyuwangi, Nanang Sugiharto. 

Lanjutnya, apabila terdapat air yang menetes dari daging yang digantung, maka dapat diindikasikan daging tersebut merupakan gelonggongan. 

Halaman Selanjutnya
img_title