Musim Kemarau Dimulai, 4 Kecamatan di Banyuwangi Masuk Kategori HTH Sangat Panjang

Ilustrasi kekeringan saat musim kemarau
Sumber :
  • Antara/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi mengimbau masyarakat untuk bersiap menghadapi kemarau panjang yang akan berlangsung dalam beberapa bulan ke depan. 

Cerpen Bahasa Using Banyuwangi, Judul: Lilin Lan Lintang

“Musim kemarau diperkirakan akan berlangsung hingga Oktober atau November mendatang,” kata prakirawan BMKG Banyuwangi, Yustoto Windiarto pada Banyuwangi.viva.co.id.

Berdasarkan kejadian sebelumnya, Yustoto mengatakan bahwa wilayah di Banyuwangi yang paling terdampak musim kemarau dan berpotensi mengalami kekeringan adalah Kecamatan Wongsorejo dan Kecamatan Pesanggaran. 

Bupati Banyuwangi: Penerimaan Siswa Baru SDN dan SMPN Gratis!

“Wongsorejo saat ini sudah masuk kategori Hari Tanpa Hujan (HTH) sangat panjang selama 31-60 hari tidak terjadi hujan di wilayah tersebut,” ujar Yustoto. 

Hal yang sama juga terjadi di wilayah Tegaldlimo, Puworharjo dan Pesanggaran yang juga masuk kategori mengalami HTH yang panjang. 

Bupati Banyuwangi Tambah Kendaraan Kesehatan untuk Daerah Sulit Dijangkau

Namun demikian, hingga saat ini, di wilayah Jawa Timur termasuk Banyuwangi belum terdapat wilayah yang berpotensi mengalami kekeringan ekstrim. 

“Belum ada potensi kekeringan ektrim, masih masuk dalam kategori sangat panjang,” jelas Yustoto. 

Halaman Selanjutnya
img_title