Raup Jutaan Pelanggan, Inilah 5 Platform Layanan Streaming TERLARIS di 2024
- Istimewa
Teknologi, VIVA Banyuwangi –Tidak terasa perjalanan kita di tahun 2024 akan segera berakhir hanya dalam hitungan hari. Bagaimana tahun 2024 kalian? Viva yakin pasti banyak yang baik, tapi juga tidak sedikit yang tidak baik.
But, it’s okay. Kita semua harus percaya bahwa setiap orang punya masa dan fase hidup yang berbeda-beda. Kalau tahun ini kamu lagi di bawah, mudah-mudahan tahun depan segera pindah ke atas. Pun buat kamu yang tahun ini ada di atas, mudah-mudahan tahun depan terus ada di atas ya!
Ngomong-ngomong soal tahun 2024, tahun ini ada banyak sekali cerita yang hadir di dalam kehidupan kita. Salah satu hal yang tidak bisa dipungkiri adalah hadirnya tontonan-tontonan seru yang terus menerus muncul di berbagai platform layanan streaming.
Dari sekian banyak layanan streaming yang ada, kamu langganan apa saja nih? Netflix? Prime Video? Disney+? Viu? iQiyi? Vidio? Atau… layanan streaming yang lain?
Kalau kamu berlangganan semuanya atau salah satu dari nama-nama platform di atas, selamat! Karena kamu sudah menjadi penyumbang dari kesuksesan platform-platform tersebut.
Karena baru-baru ini, media teknologi digitaltrends.com, resmi merilis platform layanan streaming apa saja sih yang berhasil mendominasi industri di tahun 2024 ini? Tahan rasa penasaran kamu dan langsung cek daftarnya di bawah ini!
By the way, tontonan favorit kamu apa sih?
PARAMOUNT+
Platform layanan streaming terlaris di tahun 2024 yang pertama adalah Paramount+. Beberapa dari kamu mungkin asing ya dengan platform yang satu ini. Paramount+ adalah platform layanan streaming yang dikeluarkan oleh perusahaan Paramount Global.
Menurut data, jumlah pelanggan platform ini di tahun 2024 mencapai 71,2 persen! Angka ini disebut naik sebesar 18 persen, jika dibandingkan dengan jumlah pelanggan tahun lalu.
Paramount+ sendiri menayangkan tontonan-tontonan yang diproduksi oleh Paramount Global atau tontonan-tontonan yang lisensi resminya, dipegang oleh mereka.
Seperti konten-konten dari televisi CBS, Nickelodeon, MTV, Comedy Central, BET, pertandingan sepak bola Liga Champions, sampai National Women’s Soccer League (NWSL).
MAX
Platform layanan streaming terlaris di tahun 2024 yang kedua adalah Max. Max, atau yang kita kenal dengan nama HBO Max (dulunya HBO Now), mungkin menjadi salah satu platform layanan streaming yang paling banyak bertransformasi, sejak dirilis pada tahun 2020.
Max, awalnya adalah platform layanan streaming milik HBO, yang merupakan salah satu channel televisi yang berada di bawah naungan Warner Bros. Setelah tiga tahun berjalan (2020-2023), Warner Bros. bekerja sama dengan Discovery, untuk membentuk sebuah perusahaan induk baru yakni Warner Bros. Discovery.
Dari hasil kerjasama ini, HBO Max merupakan salah satu produk yang dibawa. Sehingga, namanya pun berubah menjadi Max saja.
Menurut data yang dikeluarkan oleh digitaltrends.com, di tahun 2024 ini Max berhasil meraup jumlah pelanggan hingga 99,6 juta. Meskipun angka ini memang tidak bisa dipastikan apakah ini murni dari Max saja, atau gabungan dari platform streaming lainnya yang juga mereka miliki.
Seperti Discovery+, HBO, HBO Max yang lama dan Max itu sendiri. Namun, jika dibandingkan dengan platform streaming lainnya ini, sepertinya sih jumlah angka yang disumbang tetap tidak lebih besar dari Max. Jadi, bisa dibilang 99,6 juta itu cukup valid untuk ditulis.
Kenapa? Karena Max sendiri memang terbilang rajin untuk menambah jumlah tontonan di platformnya. Tidak hanya film, serial dan TV show, tapi juga tayangan-tayangan lain. Seperti CNN Max, serta tayangan-tayangan olahraga dari situs Bleacher Report.
Jumlahnya pun fantastis. Yakni mencapai 300 pertandingan olahraga setiap tahunnya. Meliputi olahraga National Hockey League (NHL), the National Basketball Association (NBA) League, sampai sepak bola Amerika Serikat.
DISNEY+
Platform layanan streaming terlaris di tahun 2024 yang ketiga adalah Disney+. Platform ini pertama kali dirilis oleh Disney pada bulan November 2019. Saat dirilis, platform ini langsung berhasil mengumpulkan pelanggan pertamanya sebanyak 10 juta akun!
Disney memang memiliki mimpi yang besar dalam mengembangkan platform streaming-nya ini. Mereka bahkan menggabungkan strategi marketing ambisius di mana Disney+, dipasarkan dengan layanan streaming milik Disney lainnya yaki Hulu dan ESPN+. Semacam bundling subscribe. Bayar satu, dapat tiga platform sekaligus.
Karena ini adalah platform milik Disney, maka tontonan yang disajikan pun jelas. Hanya tontonan yang berasal dari rumah produksi mereka atau tontonan yang lisensi resminya mereka pegang.
Seperti MCU, Star Wars Universe, Pixar, sampai National Geographic. Ditambah, untuk wilayah Asia, Disney bekerja sama dengan perusahaan asal India yakni Hotstar. Melalui Hotstar, Disney+ jadi terintegrasi dengan tontonan-tontonan lain di mana salah satunya adalah siaran olahraga langsung.
Plus, Disney juga mendapat sokongan lebih dari 100 ribu jam acara dan film di dalam sembilan bahasa. Makanya tidak heran, kalau jumlah pelanggan Disney+ secara global di tahun 2024 ini mencapai 153,8 juta.
AMAZON PRIME VIDEO
Platform layanan streaming terlaris di tahun 2024 yang ada di posisi kedua adalah Amazon Prime Video. Sepertinya tidak perlu menjelaskan ya, kenapa Amazon Prime Video bisa ada di posisi dua.
Kalau secara fungsi, Amazon Prime Video sebetulnya sama saja seperti platform layanan streaming lainnya. Tapi… yang membuat Amazon Prime Video istimewa adalah karena di platform ini, para pelanggan bisa berlangganan platform lain yang terafiliasi dengan layanan streaming ini. Seperti Paramount+ dan Max. Happy banget kan!
Amazon Prime Video sendiri tersedia di kurang lebih 200 negara. Dan jumlah pelanggannya di tahun 2024 ini mencapai lebih dari 200 juta.
NETFLIX
Dan… platform layanan streaming terlaris di tahun 2024 ini, posisi pertama dipegang oleh the one and only… NETFLIX!
Sebetulnya sudah bisa ditebak ya kalau Netflix pasti menjadi platform layanan streaming terlaris di tahun 2024. Masih melansir dari situs digitaltrends.com, Netflix mengumumkan bahwa jumlah pelanggan di platform mereka mencapai 269,6 juta. Angka ini, naik sebesar 3,6 persen dari tahun sebelumnya. Tapi, setiap tahunnya Netflix selalu mengalami kenaikan jumlah pelanggan sebesar 16 persen.
Pertanyaannya: apa sih rahasia di balik kesuksesan Netflix?
Ada beberapa faktor yang memengaruhi kesuksesan Netflix. Pertama adalah soal jangkauan. Langganan Netflix itu, ENGGAK RIBET! Hampir semua negara terjangkau oleh Netflix. Mulai dari Amerika Serikat, Amerika Latin, Meksiko, Kanada, Eropa, Timur Tengah, Afrika, sampai Asia.
Selain jangkauan, kualitas tontonan juga sangat diperhatikan oleh Netflix. Bukan cuma soal bagus, tapi bagaimana caranya tontonan yang mereka tayangkan bisa menciptakan tren di masyarakat. Contohnya, Squid Games. Bisa membayangkan kan, sefenomenal apa Squid Game saat dirilis beberapa tahun lalu?
Di sisi lain, Netflix juga dengan sadar selalu memperbarui tontonan-tontonan di platform mereka. Kalau kamu berlangganan Netflix, pasti tahu kan kalau Netflix secara berkala mengumumkan akan menghapus beberapa tontonan lama dari platform mereka.
Plus, kalau ada film atau serial yang tidak banyak ditonton, produksi untuk musim berikutnya akan dihentikan dan diganti dengan tontonan yang lain.