Hindari Kepunahan, Peneliti Ikan Pari Mobula Beri Edukasi Nelayan Banyuwangi

Aktivis konservasi ikan pari Mobula di pesisir Muncar
Sumber :
  • Litalia Putri / VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Peneliti yang tergabung dalam Mobula Project memberikan edukasi tentang penangkapan pari Mobula dan turunannya yang berada di kawasan perairan Banyuwangi.

Pantai Cemara, Destinasi Wisata Edukasi di Banyuwangi

Dengan menggandeng anak-anak dan nelayan yang bermukim di pesisir Kalimoro, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi, para peneliti ini mengedukasi masyarakat mengenai konservasi ikan pari Mobula dan turunannya.

Sustainable Seafood Specialist dari Mobula Project, Irianies mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengenalan mengenai sejumlah spesies ikan yang dilindungi.

Bangsring Underwater Dipercantik Dengan Konservasi Terumbu Karang

“Edukasi ini khususnya untuk mengurangi pengurangan penangkapan ikan hiu dan ikan pari Mobula,” tutur Irianies kepada Banyuwangi.viva.co.id, Kamis, 5 Oktober 2023.

Aktivis konservasi ikan pari Mobula bersama warga Kalimoro, Muncar

Photo :
  • Litalia Putri / VIVA Banyuwangi
Potensi Pertanian Berbasis Lebah Madu. Begini Caranya

Melalui program ini, lanjut Irianies, Mobula Project berharap nelayan menjadi lebih aware terhadap keberadaan ikan pari Mobula dan hiu saat mencari ikan di lautan.

“Jadi, saat menangkap ikan, jala nelayan sebisa mungkin tidak mengenai ikan pari Mobula dan turunannya,” jelas perempuan yang akrab disapa Anes itu.

Halaman Selanjutnya
img_title