Gegara Puntung Rokok, 3 Kapal Nelayan di Muncar Banyuwangi Terbakar

Kebakaran perahu di Muncar, Banyuwangi
Sumber :
  • Dok. Istimewa/VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Dalam beberapa minggu terakhir ini banyak insiden kebakaran yang melanda kabupaten Banyuwangi. Salah satunya, peristiwa kapal nelayan di kawasan Muncar yang terbakar pada Senin (11/9) malam.

Munculnya Ribuan Ikan di Pantai Gumuk Kantong Banyuwangi Jadi Berkah Bagi Nelayan

Kebakaran 3 perahu tersebut berlokasi di area dermaga Ujung, Kecamatan Muncar, Banyuwangi. Penyebabnya diduga berasal dari bekas puntung rokok yang dibuang oleh warga.

Kondisi angin yang cukup kencang membuat titik api dengan cepat menyebar dan membakar 3 perahu yang sandar di dermaga. Melihat peristiwa itu, warga berupaya mematikan sumber kebakaran dengan memakai air dengan wadah ember.  

Perajin Ikan Asin di Banyuwangi Keluhkan Harga Merosot di Tengah Hasil Tangkapan yang Berlimpah

Investigator Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Banyuwangi Area Srono, Agni Bharata, menjelaskan proses pemadaman 3 kapal nelayan yang dilalap api itu memakan waktu sekitar 1,5 jam.

“Laporan masuk sekitar pukul 17.20 WIB, berhasil padam pukul 18.45 WIB,” kata Agni saat dihubungi banyuwangi.viva.co.id pada Selasa (12/9).

Hindari Kepunahan, Peneliti Ikan Pari Mobula Beri Edukasi Nelayan Banyuwangi

Upaya pemadaman si jago merah ini dibantu oleh aparat dan warga yang sedang berada di lokasi kejadian. Sedangkan penyebab kebakarannya, lanjut Agni, diduga berasal dari puntung rokok yang dibuang sembarangan.

“Menurut warga, kejadian tersebut diduga disebabkan puntung rokok,” jelas Agni.

Halaman Selanjutnya
img_title