Difabel Gratis Masuk ke Semua Destinasi Wisata di Banyuwangi

Bupati Ipuk menyapa anak difabel
Sumber :
  • Fitri Anggiawati/VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi Difabel Banyuwangi mendapatkan akses istimewa dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi untuk mengeksplorasi seluruh destinasi wisata yang ada di daerah tersebut secara gratis. 

Pelaku Ekraf Banyuwangi Digelontori Kredit Iklan 15 Ribu USD?

Pemkab Banyuwangi meluncurkan program kartu wisata saat Indonesia tengah dilanda pandemi Covid-19 dan masih diteruskan hingga kini. 

“Setiap teman-teman difabel yang mendaftar ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi melalui online, langsung kita keluarkan kartu wisata,” kata Kepala Disbudpar Banyuwangi Yanuar Bramuda kepada Banyuwangi.viva.co.id.

Nikmati Keindahan Alam dari Camping Ground Kampung Durian Jember

Menunjang kartu tersebut, Pemkab Banyuwangi juga menyediakan akses khusus bagi disabilitas serta memberikan bantuan kursi roda dan tandu kepada penyedia jasa wisata yang ada di Banyuwangi. 

“Persentase bantuan kursi roda dan tandu telah 100 persen,” yakinnya. 

Naskah Kuno Banyuwangi Diusung jadi Ingatan Kolektif Nasional 2024

Sementara untuk pembangunan infrastruktur untuk menunjang kemudaan akses disabilitas, diakui persentasenya masih kecil, namun akan terus diupayakan oleh Pemkab Banyuwangi. 

Infastruktur penunjang yang dimaksud di antaranya adalah ada tidaknya toilet khusus untuk difabel dan pembuatan trek khusus. 

Halaman Selanjutnya
img_title