Hujan Deras Mengguyur Lumajang, Waspada Banjir Lahar Dingin Gunung Semeru

Banjir lahar dingin Gunung Semeru terjang air terjunTumpak Sewu
Sumber :
  • Screen Shot Sosmed/ VIVA Banyuwangi

Lumajang, VIVA Banyuwangi – Tingginya intensitas hujan di Kabupaten Lumajang Jawa Timur patut diwaspadai. Musibah banjir lahar dingin Gunung Semeru bisa terjadi kapan saja. Seluruh Masyarakat dihimbau untuk menghindari daerah aliran sungai terutama saat hujan deras mengguyur di kawasan puncak Gunung Semeru.

Ini Daftar Lengkap Anggota DPRD Kabupaten Lumajang 2024-2029

Video banjir lahar dingin ini menerjang objek wisata Air Terjun Tumpak Sewu di Desa Sidomulyo Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang Jawa Timur.

Dalam video tersebut. terlihat kepala banjir yang berwarna coklat pekat mengalir dengan deras  di kali Glidik yang bermuara pada Air Terjun Tumpak Sewu.

PWI Peduli Warga Korban Banjir, Bersama Kemenag

Kuat dugaan, meluapnya debit air di Kali Glidik tersebut akibat mengalami banjir lahar dingin dari puncak Gunung Semeru.

Guyuran hujan deras di kawasan Gunung Semeru, ikut memicu terjangan banjir lahar dingin di seluruh daerah aliran sungai.

Antisipasi Banjir Susulan, TNI-Polri dan Masyarakat Pasang Bronjong di Sungai Kali Asem

"Karena cuaca di sekitar tumpak sewu tidak hujan sehingga pengelola menganggap aman. Tiba-tiba air di sungai di Kali Glidik banjir di sisi Kabupaten Malang yang hujan sehingga mempengaruhi Kali Glidik," ujar Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang, Yuli Harismawati saat diwawancarai wartawan.

Video tentang banjir lahar dingin lain juga banyak beredar di jagat maya. Dalam video tersebut, lokasi banjir lahar dingin diduga terjadi di Dusun Kebondeli Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro Lumajang Jawa Timur.

Halaman Selanjutnya
img_title