DPRD Apresiasi Bupati Banyuwangi Terkait LKPJ Akhir Tahun Anggaran 2023

Penandatanganan dokumen dalam rapat paripurna
Sumber :
  • Fitri Anggiawati/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi DPRD Banyuwangi mengapresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi karena dianggap tepat waktu dalam menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ). 

BMKG Banyuwangi: Waspada Cuaca Ekstrim dan Gelombang Tinggi

Sesuai ketentuan, mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 13 Tahun 2019 yang mengatur bahwa kepala daerah wajib menyampaikan LKPJ kepada DPRD paling lambat 3 bulan setelah tahun anggaran berakhir. 

“Terhadap dokumen LKPJ bupati akhir tahun anggaran 2023, secara umum kami apresiasi capaian kinerjanya sangat baik dengan indikasi umum berupa capaian target yang optimal,” kata Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Muhammad Ali Mahrus saat rapat paripurna Minggu, 21 April 2024.

Tukang Becak Berkaos Ganjar Mahfud Ditemukan Tak Bernyawa di Area Stadion Banyuwangi

Selain itu, usai disandingkan dengan dokumen RPJMD tahun 2021-2026, berdasarkan data dan hasil pembahasan maupun konfirmasi dan pencermatan bersama, menurutnya secara umum langkah yang telah dilakukan oleh pemerintah pada tahun anggaran 2023 cukup progresif.

Hal tersebut terbukti dari penghargaan yang diraih Kabupaten Banyuwangi, di antaranya penghargaan SAKIP ( Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi ) Predikat A dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, penghargaan peringkat pertama kinerja terbaik pemerintah daerah berdasarkan Hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EPPD) dari Kementerian Dalam Negeri dan lainnya.

Promosi Situs Judi Online, Selebgram Bireuen Ditahan Jaksa

“Kondisi ini perlu dipertahankan dan dapatnya terus ditingkatkan, konsisten terhadap inovasi dan strategi-strategi baru,” ujar Mahrus. 

Namun demikian, Mahrus mengatakan bahwa dari seluruh capaian baik yang telah diraih, menurutnya masih ada sebagian target kinerjanya belum tercapai baik secara kualitatif maupun kuantitatif. 

Halaman Selanjutnya
img_title