KTT AIS Forum 2023 Digelar, Polresta Banyuwangi Perketat Pemeriksaan di Pelabuhan Ketapang

Personel gabungan periksa kendaraan
Sumber :
  • Istimewa

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023 tengah berlangsung di Nusa Dua, Bali, pada 10-11 Oktober 2023.

Angin Kencang dan Ombak Tinggi, Pelabuhan Ketapang Jawa-Bali Dipadati Kendaraan

Sebagai pintu masuk menuju Pulau Dewata, Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi mendapat penjagaan ketat sejak Minggu, 8 Oktober 2023 oleh puluhan personel gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan lainnya.

Pemeriksaan dilakukan secara menyeluruh ke setiap kendaraan meliputi truk, box, pick up, roda empat pribadi, roda dua, angkutan umum, bus, hingga minibus.

Nyaris Tenggelam, Lanal Banyuwangi Selamatkan Kapal Berisi Keluarga dari Bali

Fokus utama petugas adalah meneliti kelengkapan surat-surat kendaraan, identitas diri dan dokumen angkutan barang, orang penumpang serta barang bawaan penumpang. 

"Jika ditemukan ada hal-hal yang mencurigakan, kami akan langsung melakukan tindakan," kata Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Deddy Foury Millewa kepada awak media. 

Jelang Hari Raya Idul Adha, 100 Ribu Pemudik Melintas ke Jawa Tinggalkan Bali

Selain melakukan penjagaan dan pemeriksaan di darat, personel gabungan disebutnya juga melaksanakan patroli laut di perairan Bali dan sepanjang pesisir pantai, terutama pelabuhan-pelabuhan rakyat yang ada di Kabupaten Banyuwangi.

"Kegiatan patroli laut dan pesisir kami lakukan untuk tindak lanjut instruksi pimpinan. Sekaligus meningkatkan kesiapsiagaan dan mengecek situasi perairan Banyuwangi, terutama jalur tikus yang ada di pesisir pantai Banyuwangi," lanjutnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title