Sekolah di Gucialit Kembali Coreng Citra Pendidikan Lumajang, ada Jual Beli Buku Tematik

Jual Buku Tema
Sumber :
  • Achmad Fuad Afdlol/viva banyuwangi

Lumajang, VIVA Banyuwangi - Problematika pendidikan di Kabupaten Lumajang kembali tercoreng dengan adanya penjualan buku Tematik kepada siswa siswinya, sebesar Rp 25 ribu.

Isu Kades Grobogan Digerebek, Warga Ngeluruk Ke Kantor Kecamatan

Yang sebelumnya, di Kecamatan Gucialit ini sudah digoyang dengan adanya penjualan LKS, yang hal ini sangat miris sekali, karena diduga kegiatan jual beli LKS dan buku Tematik ini diketahui oleh oknum di Korwil Gucialit atau oknum di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang.

Hari, merupakan salah satu warga Desa Tunjung, Kecamatan Gucialit, yang menemukan sejumlah persoalan terkait dunia pendidikan di kecamatannya yang ramai akan praktik jual beli LKS dan buku Tematik.

Kasat Narkoba dan Kasat Binmas, Diganti Untuk Penyegaran

Dirinya, bersama dengan warga Kecamatan Gucialit lainnya, yang tergabung di dalam Lembaga Swadaya Masyarakat Lumajang Bergerak Satu Indonesia atau LSM LBSI Kabupaten Lumajang ini, melakukan investigasi ke sejumlah sekolah-sekolah, dan kemarin ditemukan ada praktek jual beli LKS dan buku Tematik tersebut.

“Memang ada penjualan LKS di sejumlah sekolah wilayah Kecamatan Gucialit, yang itu sudah disampaikan kepada Korwil Pendidikan Kecamatan Gucialit, beberapa waktu yang lalu, dan juga sudah dimuat di media massa,” ujar Hari kepada banyuwangi.viva.co.id, Jumat 20 Oktober 2023.

HCCM Kabupaten Lumajang Kebut Pendampingan Sertifikat Halal Kepada Pelaku Usaha

Sebelumnya, menurut Hari, memang ada praktik itu dan pihak Korwil sudah berupaya mengumpulkan para Kepala Sekolah se-Kecamatan Gucialit waktu itu, agar tidak ada lagi penjualan LKS dan buku Tematik.

“Dua minggu yang lalu, ada penjualan buku Tematik ke siswa harganya Rp 25 ribu per buku dan itu sangat fatal karena buku Tematik itu sudah dibeli dengan menggunakan dana BOS,” terangnya.

Halaman Selanjutnya
img_title