Geopark Ijen Banyuwangi Panen Apresiasi di Hari Jadi ke-5

GM Geopark Ijen Abdillah Baraas
Sumber :
  • Dovalent Vandeva Derico/VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi Geopark Ijen resmi memperingati hari jadi ke-5 tahun pada Rabu, 29 November 2023. Dalam acara tersebut, Geopark Ijen mendapat banyak apresiasi atas sederet prestasi yang telah dicapai. 

Pelaku Ekraf Banyuwangi Digelontori Kredit Iklan 15 Ribu USD?

Di antaranya, menuju hari jadi ke-5, Geopark Ijen berhasil dikukuhkan sebagai anggota UNESCO Global Geopark, yang selanjutnya berhasil menjalin kerjasama dengan geopark dari negara lain. 

“Kita kerjasama dengan Aso Geopark (Jepang) karena memiliki geopark yang sama dengan kita. Mereka punya kaldera, letusan gunung, gempa bumi, dan mereka pernah mengalami itu dalam waktu dekat,” urai General Manager Geopark Ijen Abdillah Baraas dalam sambutannya. 

Nikmati Keindahan Alam dari Camping Ground Kampung Durian Jember

Sebelumnya, menuju peringatan hari jadi, Geopark Ijen menggelar rangkaian acara, salah satunya gelaran ethno food di tiga titik, yaitu di Kecamatan Bangorejo, Desa Patoman Kecamatan Blimbingsari, serta Amin Pikin Cungking Kecamatan Giri. 

“Bahwa itu adalah bukti keragaman budaya di Banyuwangi yang kemudian memiliki esensi yang sangat luar biasa tapi sudah mulai ditinggalkan, terutama generasi muda,” katanya.

Naskah Kuno Banyuwangi Diusung jadi Ingatan Kolektif Nasional 2024

Dalam kesempatan tersebut, Abdillah juga mengurai sejumlah upaya yang telah dilakukan pihaknya untuk meneruskan ilmu mengenai Geopark Ijen kepada generasi muda. 

Di antaranya melalui edukasi di semua lini lewat geo trip, museum goes to school yang digiatkan di 750 sekolah, serta ngaji geo wisata yang dihadiri total 450 an orang. 

Halaman Selanjutnya
img_title