Geopark Ijen Banyuwangi Panen Apresiasi di Hari Jadi ke-5

GM Geopark Ijen Abdillah Baraas
Sumber :
  • Dovalent Vandeva Derico/VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi Geopark Ijen resmi memperingati hari jadi ke-5 tahun pada Rabu, 29 November 2023. Dalam acara tersebut, Geopark Ijen mendapat banyak apresiasi atas sederet prestasi yang telah dicapai. 

Omprog Gandrung, Rekomendasi Wisata Seni Budaya Murah dan Seru

Di antaranya, menuju hari jadi ke-5, Geopark Ijen berhasil dikukuhkan sebagai anggota UNESCO Global Geopark, yang selanjutnya berhasil menjalin kerjasama dengan geopark dari negara lain. 

“Kita kerjasama dengan Aso Geopark (Jepang) karena memiliki geopark yang sama dengan kita. Mereka punya kaldera, letusan gunung, gempa bumi, dan mereka pernah mengalami itu dalam waktu dekat,” urai General Manager Geopark Ijen Abdillah Baraas dalam sambutannya. 

Naik dari Tahun Sebelumnya, Perputaran Ekonomi BEC 2024 Ditarget Capai Rp 10 Miliar

Sebelumnya, menuju peringatan hari jadi, Geopark Ijen menggelar rangkaian acara, salah satunya gelaran ethno food di tiga titik, yaitu di Kecamatan Bangorejo, Desa Patoman Kecamatan Blimbingsari, serta Amin Pikin Cungking Kecamatan Giri. 

“Bahwa itu adalah bukti keragaman budaya di Banyuwangi yang kemudian memiliki esensi yang sangat luar biasa tapi sudah mulai ditinggalkan, terutama generasi muda,” katanya.

Kadis Pariwisata Banyuwangi Dirotasi Bersamaan dengan 50 Pejabat Lain, Bupati Singgung Zona Nyaman

Dalam kesempatan tersebut, Abdillah juga mengurai sejumlah upaya yang telah dilakukan pihaknya untuk meneruskan ilmu mengenai Geopark Ijen kepada generasi muda. 

Di antaranya melalui edukasi di semua lini lewat geo trip, museum goes to school yang digiatkan di 750 sekolah, serta ngaji geo wisata yang dihadiri total 450 an orang. 

Halaman Selanjutnya
img_title