Dugaan Penggelembungan Suara DPR-RI di Sumberbaru Jember, Tim Lapor Bawaslu

Tim pemenangan Caleg Partai Golkar lapor Bawaslu
Sumber :
  • Sugianto/ VIVA Banyuwangi

Jember, VIVA Banyuwangi –Dugaan penggelembungan suara di wilayah Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember Jawa Timur, tim pemenangan Calon Legislatif (Caleg) Partai Golkar, Muhamad Nur Purnamasidi melapor ke Bawaslu. 

Isu Kades Grobogan Digerebek, Warga Ngeluruk Ke Kantor Kecamatan

Temuan penggelembungan suara di beberapa TPS di wilayah Kecamatan Sumberbaru, dimana diduga dilakukan secara sistematis, masif dan terstruktur untuk menambah suara salah satu Caleg Golkar, 25 Februari 2024.

"Kami menemukan indikasi kecurangan pemilu, rekap di Kecamatan Sumberbaru. Kami identifikasi dan melakukan verifikasi data, ternyata ada penggelembungan suara dari Caleg DPR-RI nomor urut 4 Partai Golkar, Sama-sama Partai Golkar," kata Ketua Tim Pemenangan Caleg Muhammad Nur Purnamasidi.

Kasat Narkoba dan Kasat Binmas, Diganti Untuk Penyegaran

Tim pemenangan Caleg Partai Golkar lapor Bawaslu

Photo :
  • Sugianto/ VIVA Banyuwangi

Dugaan penggelembungan suara itu, menurut Ali terjadi di beberapa TPS di sejumlah desa di Kecamatan Sumberbaru. Dimana total suara lonjakan itu total keseluruhan menjadi 9.222 Se-Kecamatan Sumberbaru. 

Ribuan Calon Jemaah Haji di Jember Doa Bersama

"Ini sangat luar biasa, dan ini indikasi pelanggaran pemilu terstruktur, sistematis dan masif. Jadi kami laporkan dengan menunjukkan data, yang awalnya TPS itu nol suara menjadi ada suara," jelasnya. 

Ali mencontohkan, seperti yang terjadi di TPS 1 Desa Jamintoro, Kecamatan Sumberbaru,yang direkap tidak ada suaranya di rekap plano C-1 dan tetapi di rekap kecamatan muncul 12 suara. 

Halaman Selanjutnya
img_title