Rais Hajat, Sang Inspirator Pendidikan di Pelosok Bantaeng

Rais Hajat peraih penghargaan SATU Indonesia Awards
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Banyuwangi

Bantaeng, VIVA Banyuwangi – Akses terhadap pendidikan yang layak masih menjadi tantangan di berbagai daerah pelosok di Indonesia. Namun, Rais Hajat, seorang pemuda inspiratif asal Dusun Saukang, Desa Bajiminasa, Kecamatan Gantarangkeke, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, bertekad untuk mengubah kondisi ini. Ia merintis sebuah program pendidikan gratis yang kini telah berkembang pesat dan memberikan manfaat bagi masyarakat di wilayahnya.

Ahsanul Husna, Sang Pejuang Pendidikan yang Hadirkan Sekolah Gratis Berkualitas di Semarang

"Pada tahun 2008 Dusun Saukang termasuk tingkat pendidikan masyarakat rendah dan jumlah putus sekolah yang tinggi. Kami memberikan motivasi kepada masyarakat sekitar betapa pentingnya pendidikan untuk masa depan anak cucu mereka dan masa depan Indonesia," urainya soal motivasi mencetuskan program tersebut.

Rais menceritakan bahwa ia terinspirasi dari film Laskar Pelangi untuk mendirikan sekolah gratis di desanya.

Laskar Pencerah: Terangi Masa Depan Remaja di Pelosok Pasuruan

"Saya melihat banyak anak yang harus berjalan jauh dan melewati perkebunan untuk bersekolah. Saya ingin memudahkan mereka dalam menuntut ilmu," tambahnya.

Rais kemudian bertemu dengan tokoh masyarakat setempat dan melakukan pendataan jumlah anak putus sekolah. Ternyata, jumlahnya cukup banyak.

Griya Schizofren: Rumah Empati bagi Orang Dengan Masalah Kejiwaan di Surakarta

"Meskipun awalnya ada keraguan dari beberapa pihak, saya tetap bertekad untuk mewujudkan mimpi ini," ungkap Rais.

Pada tahun 2008, Rais mendirikan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Cendekia Saukang sebagai awal dari program pendidikan gratis yang dirintisnya. Selanjutnya, ia mendirikan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Cendekia Saukang pada tahun 2010 dan SMA pada tahun 2013. Tidak hanya pendidikan formal, Rais juga mendirikan lembaga pendidikan non-formal, yaitu Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Insan Caradde dan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Jasmin Celebes.

Halaman Selanjutnya
img_title