Michael: Bansos Harus Tepat Sasaran. Itu Hak Rakyat

Michael Edy saat serap aspirasi masyarakat
Sumber :
  • Fitri Anggiawati/VIVA Banyuwangi

Banyuwangi – Wakil Ketua DPRD Banyuwangi Michael Edy Hariyanto mendapat aduan masyarakat terkait bantuan sosial (bansos) yang dirasa tak tepat sasaran saat mengunjungi Desa Gladag, Kecamatan Rogojampi pada Selasa, 19 September 2023

Sugirah Siap Maju ke Pilkada Banyuwangi dengan Dukungan Petani

"Salah sasaran Pak. Yang dapat kenyang sekali, yang tidak dapat ya tidak sama sekali," keluh salah satu warga Rohaniah saat mengemukakan aspirasinya. 

Menjawab aduan tersebut, Michael Edy mengatakan bahwa ia bersama DPRD Banyuwangi telah berupaya menyelesaikan perkara tidak tepatnya sasaran bansos yang tak dipungkiri telah terjadi tak hanya di Desa Gladag Kecamatan Rogojampi. 

KPU Banyuwangi Minta Yusuf - Zainuri Pahami Aturan Pencalonan Bupati Independen

Michael mengurai bahwa ia telah memanggil pihak-pihak terkait, di antaranya Kepala Dinas Sosial Banyuwangi serta kepala desa yang mengalami persoalan serupa, namun hanya mendapati saling lempar tanggung jawab antara pihak-pihak tersebut. 

Selanjutnya, pihaknya berinisiatif untuk mendatangi langsung Kementerian Sosial yang berada di Jakarta untuk mencari titik terang perkara tersebut karena kemensos juga disebut-sebut turun ke desa untuk memutuskan nama-nama daftar calon penerima bansos. 

Yusuf Widyatmoko Kecewa Dokumen Pencalonannya Ditolak KPU Banyuwangi

Namun kemensos pun mengklarifikasi bahwa telah memberikan kesempatan kepada daerah sebanyak dua kali dalam setahun untuk mengubah nama-nama calon penerima bansos yang dirasa kurang pas. 

Menjadi polemik bertahun-tahun, dalam waktu dekat ia sebagai pimpinan akan berupaya untuk memanggil kembali pihak-pihak terkait yang dirasa turut bertanggung jawab atas hal tersebut melalui Komisi II DPRD Banyuwangi. 

Halaman Selanjutnya
img_title