KPU Jember: Jumlah Warga Pilih Keluar 2 Kali Lipat Lebih Banyak Dibanding Masuk

Anggota KPU Jember Ahmad Hanafi
Sumber :
  • Fitri Anggiawati/ VIVA Banyuwangi

Jember, VIVA Banyuwangi – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember Jawa Timur mengungkap bahwa jumlah warga yang lebih memilih keluar dari Jember adalah 2 kali lipat jika dibandingkan dengan yang masuk. 

Hendak Lunasi Kredit Motor, Karyawan Dealer Tilap Uang Konsumen

Total terdapat 5647 orang.yang telah mengurus pindah di Kabupaten Jember untuk keperluan pemilihan pada Pemilu 2024 dengan datang langsung ke sekretariat panitia pemilihan kecamatan (PPK) atau KPU Jember. 

“Dengan rincian sebanyak 1.767 orang mengurus pindah masuk Jember dan 3.880 orang mengurus pindah memilih keluar Jember," Koordinator Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kabupaten Jember Ahmad Hanafi pada Banyuwangi.viva.co.id.

Kuota PPS di 69 Wilayah Belum Terpenuhi, KPU Banyuwangi Lakukan Ini

Terdapat sembilan kategori yang diperkenankan mengurus pindah memilih, di antaranya belajar atau kuliah di luar kota, bekerja di luar kota dan pindah domisili. Di Jember, yang mengurus pindah memilih masuk adalah mahasiswa.

Pemilih yang telah mengurus pindah memilih akan ditempatkan di tempat pemungutan suara (TPS) terdekat dengan domisilinya. Namun apabila TPS terdekat penuh, maka akan digeser ke TPS lainnya.

Nikmati Keindahan Alam dari Camping Ground Kampung Durian Jember

Hanafi melanjutkan, jumlah pengurusan pindah terhitung sejak daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024 ditetapkan secara nasional hingga batas akhir pada Senin, 15 Januari 2024 pukul 23.59 WIB.

Namun demikian, meski pengurusan pindah memilih telah ditutup, KPU Jember masih memberikan kesempatan kepada warga yang akan mengurus pindah memilih hingga H-7 pemungutan suara atau sejak 16 Januari hingga 7 Februari 2024 dengan ketentuan yang berlaku.

Halaman Selanjutnya
img_title