Banyuwangi Sukses Gelar Ritual Adat Barong Ider Bumi 2024

Ritual Barong Ider Bumi di Banyuwangi
Sumber :
  • Dok. Disbudpar/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Banyuwangi sukses menggelar ritual adat Barong Ider Bumi 2024 di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur yang rutin dilaksanakan sebagai agenda tahunan setiap tanggal 2 syawal penanggalan Islam. 

Pokmas Pulau Merah Banyuwangi: Lokasi Rudakpaksa Bukan di Kawasan Wisata

Dibuka dengan tabuhan bonang yang berlokasi di depan rumah pelestari Barong Tresno Budoyo, acara berlangsung sakral namun tetap meriah. 

Ritual tersebut dipadati masyarakat yang ingin melihat dari dekat acara yang diyakini mampu menolak bala tersebut. 

Pilu, Wisatawan Diperkosa 2 Preman Lokal Saat Kunjungi Pulau Merah Banyuwangi

Selain itu, acara ritual barong ider bumi yang telah menjadi kegemaran masyarakat Desa Kemiren dan sekitarnya tersebut menjadi wisata alternatif kala libur Lebaran sehingga menjadi acara yang ditunggu dengan antusias. 

"Terimakasih kepada masyarakat yang sudah bergotong royong mensukseskan event ini,” kata Bupati Banyuwangi melalui Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, Taufik Rohman. 

Bupati Imbau UMKM di Banyuwangi Konsisten Jaga Kehalalan Produk

Taufik menambahkan, barong ider bumi yang sudah terselenggara setiap tahun di Banyuwangi selalu menjadi daya tarik wisatawan luar daerah. 

Untuk diketahui, ritual barong ider bumi dipercaya pertama kali muncul pada kisaran tahun 1840an saat Desa Kemiren sedang terserang wabah yang berimbas pada banyak warga yang menjadi korban. 

Halaman Selanjutnya
img_title