HUT TNI ke-78 Usung Tema Mengawal Demokrasi, Dandim Banyuwangi: Momen Introspeksi

Upacara peringatan HUT TNI ke-78 di Taman Blambangan
Sumber :
  • Fitri Anggiawati/VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Upacara peringatan HUT TNI ke-78 di Banyuwangi digelar di Taman Blambangan dengan diikuti pasukan TNI, Polri, Polhut, Satpol PP, BPBD, Dinas Perhubungan, petugas lembaga pemasyarakatan, pramuka, hingga mahasiswa pada Kamis, 5 Oktober 2023.

Antisipasi Laka di Perlintasan Kereta Api Tanpa Palang Pintu, Polri Bersama Polsus PJKA Pasang Himba

Peringatan tersebut menjadi momentum TNI untuk melakukan introspeksi diri atas apa yang telah dilakukan setahun kemarin, serta evaluasi untuk apa yang perlu diperbuat pada tahun berikutnya. 

"Intinya TNI harus profesional, mandiri, adaptif, harus manunggal (menyatu) dengan rakyat," ujar Dandim 0825/Banyuwangi Letkol Kav Eko Julianto Ramadhan kepada Banyuwangi.viva.co.id.

Tongkat Komando Kodim 0825/Banyuwangi Berganti, ini Profile Lengkapnya

Dandim 0825/Banyuwangi sebagai inspektur upacara

Photo :
  • Fitri Anggiawati/VIVA Banyuwangi

Dengan mengusung tema TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju, TNI yang ikut serta dalam mengawal pemilu 2024 diminta bersikap netral, seperti yang disampaikan Komandan Pangkalan TNI AL Banyuwangi Letkol Laut (P) Indra Nusha Raspati.

Patroli Perdana KAL Sembulungan untuk Pengamanan Arus Mudik di Selat Bali

"Apapun bentuknya, kita tidak boleh, tidak bisa terlibat aktif dalam proses kampanye calon presiden maupun legislatif di daerah," terang Indra. 

Lanjutnya, TNI dilarang memakai kewenangan yang dimiliki untuk mendukung salah satu calon, hal tersebut didasarkan pada perintah Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. 

Halaman Selanjutnya
img_title