Ahsanul Husna, Pejuang Pendidikan Penyambung Asa Anak Bangsa

Ahsanul bersama peserta didik SD Darussalam
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Banyuwangi

Semarang, VIVA Banyuwangi – Ahsanul Husna adalah seorang pejuang pendidikan yang menjadi penggagas berdirinya sekolah gratis SD Darussalam yang berada di bawah naungan yayasan Darussalam. 

Banyuwangi Geber Program SOBAT untuk Dorong Keterlibatan Orang Tua dalam Pola Asuh

Sekolah gratis tersebut berdiri di sebuah lahan seluas 1300 meter persegi di Kelurahan Kembangarum, Kecamatan Semarang Barat, Semarang, Jawa Tengah

Keberadaan sekolah tersebut cukup membantu bagi para penduduk sekitar yang berada di perkampungan, serta banyak dari mereka yang masuk dalam golongan ekonomi tidak mampu. 

Tak Kompromi, Pemkab Banyuwangi Mutasi Guru Pelaku Bully

Berdiri pada tahun 2006 dengan 7 siswa, sekolah gratis dengan dasar pendidikan agama Islam tersebut kian berkembang, hingga pada tahun ajaran 2022/2023 memiliki 307 siswa untuk dua kelas paralel dari kelas 1 hingga 6.

"Awalnya, saya melihat banyak anak dari keluarga tidak mampu yang membutuhkan layanan pendidikan. Untuk bersekolah di sekolah swasta pasti membutuhkan dana, sedangkan bersekolah di sekolah negeri, belum tentu bisa tertampung semuanya," ungkapnya. 

Banyuwangi Wujudkan Sekolah Nyaman untuk Optimalkan Program Merdeka Belajar

Kepedulian Ahsanu terhadap masa depan anak bangsa tersebut yang mengantarkannya meraih penghargaan SATU Indonesia Awards 2021 untuk bidang pendidikan. 

Ahsanu mengatakan, keberadaan sekolah gratis yang ia gagas tersebut juga cukup membantu kala pandemi Covid-19 menghantam ekonomi orangtua siswa yang mayoritas merupakan buruh dan harus mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). 

Halaman Selanjutnya
img_title