Aliran Sungai Dihentikan Pasokan Pertanian Terganggu, ini Penyebabnya

Sungai mengering di belakang kios trends sticker milik Kariyono
Sumber :
  • Anton Heri Laksana/ VIVA Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Akibat rembesan pada saluran sungai, pasokan air untuk pertanian warga terhenti. Kejadian tersebut juga membuat warga yang tinggal di sepanjang daerah aliran sungai tidak bisa memanfaatkan aliran sungai itu.

Dampak Beras Mahal, Harga Nasi Bungkus Tetap Tapi Porsi Berkurang

Terhentinya aliran sungai yang melintasi di Desa Bajulmati Kecamatan Wongsorejo Banyuwangi Jawa Timur ini sudah terjadi sejak Selasa, 21 November 2023.

Akibat hal tersebut, pasokan air untuk areal pertanian di Desa Sidodadi, Desa Sumbernyar dan Desa Sumber Kencono terganggu terutama untuk areal persawahan.

Harga Beras Meningkat di Pasaran, Daya Beli Masyarakat Menurun

Titik kebocoran saluran air sungai

Photo :
  • Anton Heri Laksana/ VIVA Banyuwangi

"Yang banyak di sini justru bukan padi jadi tanaman lain yang masih bisa bertahan kendati pasokan air terganggu," ujar Eko Pujiantoro, Staf Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Sampeyan Baru Bondowoso.

Menembus Hutan Belantara Taman Nasional Baluran Demi Pesona Sungai Simpang Lima

Menurut Eko, terhentinya pasokan air tersebut akibat adanya rembesan yang berujung pada kebocoran pada saluran air yang cukup besar hingga harus dilakukan perbaikan.

"Terakhir diperbaiki sudah cukup lama, kalau tidak salah sebelum tahun 2000an. Sepertinya memang sudah waktunya perbaikan," tutur Eko secara eksklusif pada Banyuwangi.viva.co.id.

Halaman Selanjutnya
img_title