Terapkan 6 Anjuran Cerdik, Banyuwangi Deteksi Dini Penyakit Tak Menular

Ilustrasi screening kesehatan
Sumber :
  • Pixabay

Banyuwangi, VIVA Banyuwangi – Penanganan Penyakit Tidak Menular (PTM) menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi dengan mendirikan Kampung Cerdik pada setiap desa di wilayah tersebut. 

Libatkan Dokter Ahli, Operasi Katarak Gratis di Banyuwangi Nihil Keluhan

Cerdik merupakan singkatan dari 6 anjuran kesehatan yaitu Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin beraktivitas fisik, Diet sehat dan seimbang, Istirahat yang cukup serta Kelola stress. 

“Itu sudah dilakukan di Kampung Cerdik, dan bahkan ada 1 desa yang memiliki lebih dari 2 Kampung Cerdik, sehingga total saat ini ada 232 Kampung Cerdik di Kabupaten Banyuwangi,” terang Plt Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi Amir Hidayat kepada Banyuwangi.viva.co.id.

Razia Rokok Ilegal, Satpol PP Jember Temukan Ratusan Botol Arak

Bertepatan dengan perayaan Hari Kesehatan Nasional (HKN), Dinkes Banyuwangi juga menggelar screening hipertensi dan penyakit tak menular lain secara serentak kepada 59 ribu orang di seluruh Kampung Cerdik yang ada.  

Amir menambahkan, screening kesehatan dirasa penting untuk dilakukan karena hal tersebut kini menjadi prioritas karena diprediksi akan mengalami peningkatan jumlah kasus dalam beberapa waktu mendatang. 

Jangkitan Chikungunya Meluas, Masyarakat Banyuwangi Diminta Waspada

Setelah sebelumnya penyakit infeksi seperti Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) dan diare banyak dialami masyarakat. 

Sehingga kemudian Pemkab Banyuwangi berharap dapat melakukan pencegahan dengan melakukan langkah-langkah deteksi dini di tingkat kampung. 

Halaman Selanjutnya
img_title